Friday, August 9, 2019

Mengatur Koneksi Database di Yii2 | Tutorial Belajar Web

Salam koding!!! Hehe, sudah lama saya pengen share tentang Yii2 nih, udah dari tahun lalu sebenernya hehe. Udah genap setahun ini belajar Yii2, ternyata asik banget main sama Yii2 haha (lebih seru dari CI kayaknya) ya tapi balik lagi ke kebiasaan masih-masih orang ya, seni ngodingnya beda-beda padahal yang dipake ya sama-sama php tapi ya itu namanya juga seni lol.

Langsung ajalah ya, kalo ada yang penasaran apa itu Yii2 bisa baca sendiri dan ngulik-ngulik disini.  Nah kemarin kan udah bahas cara install Yii2 nih, Yaa sekalian spoiler aja kalo kedepannya masih banyak materi Yii2 yang pengen aku bagi berdasarkan latihan-latihanku selama setahun ini *yeeaaaay sebar confetti. Sekarang kita lanjut dengan materi koneksi database. Yang namanya buat aplikasi atau website pasti nggak jauh-jauh dari yang namanya database, sederhananya database ini tempat untuk menyimpan data kita. Untuk tutorial ini database yang akan digunakan yaitu MySql.

Langkah-langkah membuat koneksi database di Yii2:

1. Buat database dengan nama "project1". Dalam memberi nama database ini tidak ada aturan baku, hanya saja agar lebih mudah dalam mengingat dengan aplikasi mana database ini terikat maka saya  terbiasa menyamakan nama database dengan nama project aplikasi yang dibuat.


Untuk penjelasan lebih jelas tentang membuat database di MySql silahkan baca disini.

2. Buka project1 yang akan dikoneksikan dengan database. Sebelum membuat koneksi, hal pertama yang pasti harus punya project Yii nya dulu ya, kalo belum punya download dulu disini. Nah ngelanjutin tutorial install kemarin, silahkan buka project Yii2 yang akan kita koneksikan dengan database.


Ini adalah "project1" yang menggunakan Yii2 basic. Untuk membuka project aplikasi saya menggunakan aplikasi Netbeans agar lebih mudah dalam mengelola file, langkah-langkahnya sebagai berikut:
a. Buka aplikasi netbeans
b. Pilih New Project (Ctrl + Shift + N) atau File -> New Project. Pada bagian "Categories" pilih "PHP". Pada bagian "Project" pilih "PHP Application with Existing Sources" lalu Next.


c. Selanjutnya klik "Browse" untuk membuka folder project yang sudah kita buat sebelumnya, terakhir klik Finish.



3. Setelah project terbuka, selanjutnya kita tinggal mengatur konfigurasi koneksi di config/db.php.


Edit file db.php seperti pada gambar di bawah ini:
a. Konfigurasi pada project basic.


a. Konfigurasi pada project advanced.


Perbedaan konfigurasi koneksi pada project basic dan advanced hanya terdapat pada letak file. Pada project basic konfigurasi disimpan pada folder config yaitu config/db.php. Sedangkan pada project advanced, file berada pada folder common\config\main-local.php.

Mungkin sampai disini saja tutorial Mengatur Koneksi Database di Yii2. Jika ada pertanyaan langsung ke kolom komentar yaa, see you^^

No comments:

Post a Comment