Tuesday, March 13, 2018

Cara Cek Data Sudah Ada Dengan PHP MySQL | Tutorial Belajar Web

Beberapa dari kita pasti pernah bertanya-tanya bagaimana sebuah sistem dapat mengecek ketersediaan data di database secara otomatis. Contohnya seperti saat kita membuat email atau username pada instagram dan twitter, saat kita memasukkan email atau username yang kita kehendaki terkadang sistem menolak karena email atau username tersebut telah digunakan oleh orang lain. Mekanisme seperti ini berguna untuk menghindari redudancy data atau duplikasi data, sehingga nantinya akun yang kita miliki tidak akan tertukar dengan orang lain.

Bagi yang penasaran bagaimana caranya kita bisa membuat sistem yang sama seperti penjelasan di atas, disini saya membuat tutorial sederhana untuk pengecekan username otomatis di php dengan menggunakan database MySQL. Sebelumnya pastikan Anda sudah menginstall database MySQL di komputer Anda. Untuk selanjutnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Pertama buat dulu database. Untuk tutorial membuat database bisa dilihat disini. Berikut rincian database yang saya buat:

2. Selanjutnya buat file koneksi.php untuk menghubungkan sistem yang akan kita buat dengan database. Simpan file koneksi.php di folder di dalam htdocs.
folder tutorial

script koneksi.php

3. Setelah membuat koneksi, yang kita butuhkan selanjutnya adalah halaman form registrasi atau halaman tempat dimana kita akan memasukkan data. Simpan script berikut dengan nama index.php atau sesuai dengan keinginan anda.

reginaadiba.blogspot.com
script index.php

4. Tampilan halaman index.php

reginaadiba.blogspot.com

5. Selanjutnya membuat proses untuk mengecek ketersediaan username. Simpan script dibawah ini dengan nama cek-username.php atau sesuaikan dengan action yang ada di form halaman index.php

reginaadiba.blogspot.com
script cek-username.php

6. Terakhir kita akan mengecek program yang sudah dibuat. Sesuai dengan isi database di atas, saya akan memasukkan data yang sama. Berikut hasilnya:

Cek Username yang sama

Hasil 1: Jika username sama

Cek Usename yang berbeda/belum ada di database

Hasil 2: Jika username belum terdaftar

Nah itu dia pembahasan tutorial Cara Cek Data Sudah Ada di PHP MySQL, mudah bukan? Selamat mencoba ^_^


ps: kalo ada kesulitan atau pertanyaan bisa langsung ke kolom komentar guys, yuk belajar bareng ^^

3 comments:

  1. makasih kak atas referensi tutorialnya hehe

    ReplyDelete
  2. whaaaa working banget kak buat project website saya yang sudah membuat saya susah tidur selama 2 bulan kak :')

    ReplyDelete
  3. kalo semua data where nya diisi apa ya kak?

    ReplyDelete