Thursday, March 15, 2018

Tutorial Input Data dengan PHP MySQL | Tutorial Belajar Web

Kembali lagi dengan tutorial baru, kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat proses input di php dengan masih menggunakan database mysql. Sebelum masuk ke pembahasan perlu saya tekankan bahwa tutorial ini adalah sambungan dari tutorial sebelumnya. Untuk melihat tutorial sebelumnya silahkan klik disini.

Oke langsung masuk ke pembahasan, sesuai judul di atas kita akan membuat proses untuk menginputkan data ke database. Pada pembahasan kali ini saya akan membuat proses pendaftaran user dengan
masih melanjutkan project di tutorial sebelumnya. Saat kita melakukan pendaftaran suatu akun, kita pasti diminta untuk mengisi data diri dan mengirim data yang sudah kita masukkan dengan mengklik tombol "Daftar" atau "Submit". Selanjutnya silahkan simak langkah-langkah di bawah ini:

1. Membuat database. Buat database "tutorial" dan table "user" dengan rancangan field seperti di bawah ini.


2. Buat file koneksi.php untuk menghubungkan sistem yang akan kita buat dengan database. Simpan  di folder yang sebelumnya sudah dibuat di dalam htdocs.
folder tutorial

script koneksi.php


3. Selanjutnya buat form input atau dalam hal ini adalah form pendaftaran. Simpan dengan nama index.php.

script index.php

4. Setelah membuat form input, selanjutnya memuat proses untuk input. Simpan script di bawah dengan nama proses-input.php.

script proses-input.php


5. Jika semua file sudah dibuat, coba jalankan di browser.

Halaman index.php

Coba input data

Pesan data berhasil di simpan

Data masuk ke database


Sekian tutorial kali ini, gampang kan buatnya? Semoga tutorial ini bermanfaat untuk teman-teman semua. Jika ada kesulitan atau pertanyaan bisa langsung tanya di kolom komentar yaa ^_^

1 comment:

  1. itu mysqlnya buat PHP 5 ke bawah ya kak, kan sekarang PHP 7 hihi

    ReplyDelete