Wednesday, February 28, 2018

Membuat Database Di MySQL | Tutorial Belajar Web

Kali ini saya akan membahas tutorial membuat database menggunakan MySQL. Sebelumnya, pengertian database sendiri adalah sekumpulan data yang disimpan secara sistematis di komputer. Data ini bisa diolah dan dimanipulasi sesuai dengan informasi yang dibutuhkan. Untuk aplikasi pengolah database tentunya tidak hanya MySQL, ada Oracle, FoxPro, DBase, PosgreSQL, Ms. Access dari Microsoft dan lain sebagainya.

MySQL adalah salah satu aplikasi DBMS (Database Management System) atau aplikasi pengolah basis data yang sudah banyak digunakan oleh para pemrogram aplikasi web. Kelebihan MySQL adalah gratis, handal, selalu  di-update dan banyak forum yang memfasilitasi para pengguna jika memiliki kendala. MySQL juga menjadi DBMS yang sering dibundling dengan web server sehingga proses instalasinya jauh lebih mudah.

Berikut adalah langkah-langkah membuat database di MySQL:
1. Untuk membuat database di MySQL pastikan komputer Anda telah terpasang aplikasi XAMPP. Jika sudah terpasang, jangan lupa untuk mengaktifkan apache dan mysql seperti di bawah ini. Untuk mengaktifkan cukup dengan mengklik tombol "Start".


2. Selanjutnya buka browser lalu ketikkan alamat berikut: localhost/phpmyadmin. Akan muncul halaman seperti dibawah ini. Klik "Databases" untuk membuat database.


3. Setelah itu akan muncul halaman seperti dibawah ini. Masukkan nama database pada kolom yang disediakan. Pada gambar saya membuat database dengan nama "tutorial". Jika sudah lalu klik tombol "Create".


4. Jika sudah membuat database, selanjutnya kita harus membuat table. Table ini adalah tempat dimana kita akan menyimpan data-data kita. Seperti terlihat pada gambar dibawah, saya memberi nama "user" pada bagian nama tabel. Jangan lupa untuk memasukkan jumlah field/atribut sesuai dengan isi table. Jika sudah lalu klik "Go".


5. Berikut adalah rincian nama field/atribut table yang akan dibuat:


Jika sudah sesuai lalu klik "Save".



6. Berikut adalah tampilan table yang sudah jadi:


Itulah tutorial Membuat Database di MySQL. Bagaimana? Mudah bukan? Saya harap pembahasan di atas mudah dipahami dan berguna bagi pembaca sekalian. Terima kasih sudah berkunjung, jika ada pertanyaan atau mau kenalan bisa di kolom komentar ya biar kita belajar bareng  ^_^ 

No comments:

Post a Comment