Tuesday, August 27, 2013

Konfigurasi DHCP di Debian 6.05 Squeeze

          Hai-hai...semuanya!! Saya kembali lagi dengan bawa turorial membuat DHCP Server di Debian 6.05 Squeeze. DHCP atau Dinamic Host Configuration Protocol adalah sebuah protokol yang digunakan untuk melayani request Ip Address dari client sehingga kita tidak perlu lagi repot untuk mengkonfigurasi Ip pada komputer. Client akan meminta Ip pada server, kemdian server akan memberikan alokasi Ip yang tersisa. Sebelum melakukan konfigurasi, terlebih dahulu kita harus menginstall aplikasi yang ada pada Debian. Untuk itu langsung saja ikuti langkah-langkah
berikut:

1. Install paket: apt-get install dhcp3-server

2. Setelah penginstallan selesai, edit file dhcpd.conf yang ada pada direktori /etc/dhcp/dhcpd.conf dengan perintah: "mcedit /etc/dhcp/dhcpd.conf" 
Edit seperti dibawah ini

Sesuaikan dengan ip Anda

3. Berikutnya kita akan mengedit file isc-dhcp-server yang terletak di direktori /etc/default/isc-dhcp-server dengan perintah: "mcedit etc/default/isc-dhcp-server". Tambahkan eth0 pada INTERFACES lalu simpan.

4. Setelah mengedit file, terakhir yang kita lakukan adalah merestart apa yang telah kita atur dengan cara:
"/etc/init.d/isc-dhcp-server restart"

5. Untuk melihat apakah konfigurasi yang kita lakukan sudah berhasil atau belum, buka Network and Sharing Center > Change Adapter Setting >Virtual Host-Only Network > Detail. Jika DHCP Enable tertulis Yes berarti konfigurasi Anda berhasil.
Selamat Mencoba...!!!

No comments:

Post a Comment