Saturday, June 30, 2018

Resep Acar Kuning Ala Anak Kos | Resep Sehat

Hai blog readers, minal aidin wal faidzin yaa *masih edisi lebaran :3

Kali ini aku mau bagiin resep acar kuning. Biasanya kita makan ini pas ada special occasion kayak kondangan *aku seringnya sih begitu hehe. Acar ini ada dua jenis, yang mentah atau ga dimasak dan yang satunya dimasak. Aku mau bagiin resep acar yang dimasak yaitu acar kuning. 


Ceritanya kemarin itu aku beli timun sama wortel pas belanja. Timun sama wortel ini andalan aku banget yang ga suka ribet-ribet kalo masak. Timun biasa buat lalapan dan kalo wortel bisa buat campuran telur, nasi goreng, atau sayur-sayur lainnya. Nah kemarin pas beli timun itu aku tertipu. Dari luar timunnya itu kelihatan seger banget tapi kok pas aku potong bagian tengahnya yang biji-biji itu kelihatan ga seger, udah agak kuning gitu dan pas dimakan juga agak asem. Jadi males dong, niatnya buat lalapan kok tapi ga seger. Akhirnya mikir mau diolah apa ni timun dan finally kepikiranlah buat acar kuning. Udah lama juga ga makan ini wkwk.

Langsung aja ya, kemalaan cerita nih jadinya :3

RESEP ACAR KUNING

 Bahan:
  • Timun
  • Wortel

Bumbu halus:
  • Bawang merah 5 buah
  • Bawang putih 1 buah
  • Cabe rawit 7 buah (sesuai selera)
  • Kemiri 1 buah
  • Kunyit (1 ruas jari tangan )
  • 1 lembar daun salam, daun jeruk
  • Lengkuas
 Bumbu pelengkap: garam, gula, cuka

Cara pembuatan:
  • Pertama kupas kulit timun dan wortel, lalu potong balok kecil-kecil. Jangan lupa buang biji timunnya.
  • Haluskan bumbu lalu tumis hingga wangi
  • Masukkan timun dan wortel yang sudah dicuci lalu tambahkan 1 gelas air.
  • Tunggu sampai wortel dan timun empuk.
  • Jika mau tambahkan potongan cabe rawit juga.
  • Tambahkan garam, gula, dan cuka secukupnya. Tes rasa lalu sajikan.

Gimana? Gampang kan? Selamat mencoba^^

No comments:

Post a Comment