Friday, April 27, 2018

Resep Ayam Swike Ala Anak Kos | Resep Sehat

Ada yang tahu makanan swike? Bagi kalian yang orang jawa pasti tidak asing dengan masakan satu ini. Biasanya olahan ini menggunakan daging katak atau ayam. Namun, bagi kalian yang beragama islam pasti tahu kan kalau katak haram untuk dimakan karena dia termasuk hewan amphibi atau hidup di dua alam. Nah karena katak dilarang, maka pilihan penggantinya kita bisa menggunakan daging ayam.

Sebagai anak kos yang sering merindukan masakan rumah *ceilah :3,  saya cukup sering masak ayam swike ini. Kenapa? Karena bahan-bahan untuk membuat ayam swike ini sangat mudah didapatkan, harganya terjangkau dan yang paling penting cara masaknya nggak ribet karena di kos alat masaknya terbatas hehe.. Okelah langsung aja ya kalo pengen buat ayam swike bisa ikutin langkah-langkah dibawah ini ☺

RESEP AYAM SWIKE

Bahan:

  • 1/4 kg ayam
  • 6-8 siung bawang merah
  • 1-2 siung bawang putih
  • 8 buah cabe rawit (sesuai selera)
  • 2 ruas jari jahe
  • 1 batang daun bawang(sesuai selera)
  • Kecap, garam, gula secukupnya
Cara pembuatan:
  1. Cuci ayam sampai bersih lalu rebus sampai lumayan empuk. Alasan kenapa harus merebus ayamnya terlebih dahulu adalah supaya saat nanti kita masak dengan bumbu tidak terlalu membutuhkan waktu lama untuk membuatnya empuk.
  2. Sambil menunggu ayam, siapkan bumbu. Haluskan semua bumbu yaitu bawang merah, bawang puting, cabe rawit, gula, garam.
  3. Jika bumbu sudah halus tambahkan jahe, cukup digeprak saja.
  4. Iris halus daun bawang.
  5. Jika ayam yang direbus sudah lumayan empuk matikan kompor.
  6. Siapkan minyak untuk menumis bumbu halus. Tumis bumbu halus dan jahe geprak sampai harum lalu tambahkan air. Gunakan air kaldu dari rebusan ayam tadi.
  7. Masukkan ayam yang sudah direbus dan kecap. Aduk perlahan hingga semua tercampur rata.
  8. Selanjutnya kita hanya perlu menunggunya hingga matang. Jangan lupa sambil diaduk-aduk sesekali agar ayam tidak terbakar karena kita memakai kecap.
  9. Jika ayam sudah empuk dan bumbu meresap, tambahkan daun bawang, aduk sebentar lalu matikan kompor.
  10. Sajikan.

No comments:

Post a Comment