Sunday, April 15, 2018

Resep Nasi Kuning Ala Anak Kos Menggunakan Rice Cooker

Di Indonesia memiliki tradisi menyajikan makanan tertentu saat merayakan sesuatu yang istimewa. Tradisi seperti ini bisa kita lihat seperti saat hari raya Idul Fitri misalnya, masyarakat rata-rata akan menyajikan ketupat dengan opor ayam. Berbeda dengan hari raya Idul Fitri, untuk acara-acara menyangkut hari jadi atau ulang tahun masyarakat biasanya menyajikan nasi tumpeng dengan berbagai macam lauk pelengkapnya. Hal ini adalah sebagai perwujudan rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan Tuhan.




Nasi Tumpeng ini biasanya dibuat menggunakan nasi kuning walaupun terkadang ada juga yang menggunakan nasi putih. Nah, sesuai judul artikel di atas pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi resep dan cara pembuatan nasi kuning dengan menggunakan rice cooker. Kenapa rice cooker? Pengalaman penulis, dari kecil ketika ulang tahun saya biasanya dibuatkan nasi kuning oleh ibu saya. Hingga tiba saat saya kuliah, saya harus merantau dan jauh dari orang tua. Selama kuliah itu saya tidak pernah lagi makan nasi kuning buatan ibu saat ulang tahun (*how poor i am T_T). Biasanya sih saya beli nasi kuning sendiri pas ulang tahun hehe. Masalahnya yang jual nasi kuning kan pasti pagi, pas siang dan malam sudah nggak ada yang jual. Jadi saya iseng-iseng buat nasi kuning sendiri pakai rice cooker. Waktu itu saya langsung tanya sama ibu gimana cara buat nasi kuning, dan ternyata cara buatnya gampang banget >.< . Sejak saat itu saya selalu buat nasi kuning sendiri pas ulang tahun saya hehe. Sekarang daripada kelamaan cerita mending langsung aja ya saya bagi resepnya.

RESEP NASI KUNING

Bahan:
  • Beras 2 cangkir
  • 1 bungkus santan kara (santan siap pakai)
  • 1 batang sereh
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sdt garam
  • Kunyit, ukuran 2 ruas jari kelingking
CARA PEMBUATAN

  1. Cuci beras, daun salam dan sereh sampai bersih.
  2. Haluskan kunyit yang telah dikupas kulitnya.
  3. Untuk penakaran airnya adalah 1:2, yaitu 2 cangkir air untuk 1 cangkir beras. Karena kita menggunakan 2 cangkir beras maka air yang dibutuhkan adalah 4 cangkir. Cangkir yang digunakan adalah cangkir bawaan dari rice cooker. Jika teman-teman tidak punya cangkirnya, teman-teman bisa mengukur air dengan menggunakan jari kelingking. Ukur kedalaman air dengan ruas pertama jari kelingking. Ingat jangan sampai kelebihan jika tidak mau nasi kita jadi lembek.
  4. Masukkan semua bahan (garam, kunyit, daun salam, sereh, santan) lalu aduk perlahan agar semua tercampur.
  5. Pasang panci ke dalam rice cooker lalu tunggu hingga matang.

Itulah resep dan cara pembuatan nasi kuning yang sebenarnya juga mirip dengan nasi uduk. Namun dalam membuat nasi uduk tidak menggunakan kunyit tapi kencur. Selamat mencoba dan tunggu postingan selanjutnya yaa ^^

1 comment: