Wednesday, July 18, 2018

Tutorial Menampilkan Data Dari Database MySQL Dengan PHP | Tutorial Belajar Web

Kembali lagi di Tutorial Belajar Web, kali ini saya ingin berbagi tutorial menampilkan data dari database MySQL dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Untuk Tutorial Belajar Web sebelumnya bisa dilihat disini karena saya membuat tutorial ini secara berurutan.

Dalam suatu sistem informasi atau aplikasi pengolahan data baik itu berbasis web atau desktop pasti erat kaitannya dengan CRUD. CRUD adalah singkatan dari Create, Read, Update dan Delete. CRUD inilah yang nantinya berperan dalam menjalankan fungsi sebuah aplikasi. Berikut adalah penjelasan dari CRUD sesuai dengan pengertiannya:
  • Create (Membuat) : Create ini erat kaitannya dalam membuat data atau yang biasa kita kenal dengan fungsi insert dalam database. Dengan fungsi Create kita bisa menambahkan atau menyimpan data ke dalam database.
  • Read (Membaca) : sesuai dengan namanya Read adalah untuk membaca data yang telah kita simpan di database, dalam hal ini fungsinya adalah menampilkan data.
  • Update (Memperbarui) : fungsi Update adalah untuk memperbarui data atau mengedit data.
  • Delete (Menghapus) : dari namanya tentu kita sudah tahu fungsi dari Delete yaitu untuk menghapus data.
Setelah mengenal apa itu CRUD, hal selanjutnya yang akan kita lakukan adalah mengimplementasikan fungsi dari CRUD itu sendiri. Untuk fungsi Create sudah saya buat di Tutorial Input Data Dengan PHP MySQL dan pada sesi kali ini kita akan membuat fungsi Read. Langsung saja kita bahas bagaimana cara menampilkan data dari database, berikut langkah-langkahnya:

1. Membuat database yang nantinya akan ditampilkan ke halaman web. Buat database "tutorial" dan table "user" dengan rancangan field seperti di bawah ini. Kita asumsikan bahwa database sudah kita isi datanya.

2.Buat file koneksi.php untuk koneksinya dengan database. Simpan  di folder yang sebelumnya sudah dibuat di dalam htdocs.
folder tutorial
script koneksi.php
3. Selanjutnya buat file tampilan-daftar-user.php untuk menampilkan data yang ada di database ke halaman web. Berikut adalah scriptnya:



4. Setelah itu jalankan dengan mengetikkan "localhost/tutorial/tampilan-daftar-user.php". Hasil koding dapat dilihat dibawah ini.


Itulah tutorial Menampilkan Data Dari Database MySQL Dengan PHP, mudah bukan? Selamat mencoba ^_^


ps: jangan lupa kunjungi tutorial lainnya disini. kalo ada kesulitan atau pertanyaan bisa langsung ke kolom komentar guys, yuk belajar bareng ^^

No comments:

Post a Comment