Friday, July 20, 2018

Tutorial Mengatur Panjang Karakter Inputan Di PHP | Tutorial Belajar Web

Assalamualaikum, halo semua..

Saya mau cerita sedikit ni. Kemarin saya habis tes kerja, nah disitu saya disuruh buat program yang salah satu alurnya mengharuskan kita untuk mengatur panjang inputan yang akan diproses. Sesuai judul di atas, saya mau bikin tutorialnya. Langsung saja kita bahas bagaimana cara mengatur panjang karakter inputan di PHP, berikut langkah-langkahnya:


1. Pertama kita buat dulu halaman input untuk memasukkan kata yang akan diproses. Buat file baru dengan nama atur-panjang-karakter.php lalu ketikkan script seperti dibawah ini.


2. Selanjutnya bagian prosesnya memiliki aturan bahwa inputan yang dimasukkan hanya diambil sebanyak 9 karakter saja.

Aturan:

  • Apabila panjang inputan kurang dari 9 maka inputan tersebut harus diulang sampai memenuhi jumlah karakter yang diminta. Contoh pada kata PHP maka pada prosesnya kata PHP harus diulang hingga menjadi 9 karakter yaitu PHPPHPPHP.
  • Apabila panjang inputan lebih dari 9 maka inputan tersebut hanya diambil sebanyak 9 karakter yang diminta. Contoh pada kata INFORMATIKA maka pada prosesnya kata yang diambil hanya 9 karakter yaitu INFORMATI.
3. Untuk proses validasinya silahkan cermati script dibawah ini.


4. Dalam proses validasi inputan String di atas menggunakan beberapa fungsi String yang memang telah tersedia di PHP. Beberapa fungsi tersebut antara lain:

  • strlen
          Fungsi ini digunakan untuk mengetahui jumlah panjang karakter dari sebuah String. Pada kasus ini kita ingin mengetahui jumlah karakter inputan yang telah dimasukkan.
  • str_repeat
         Fungsi str_repeat digunakan untuk mengulah String yang kita masukkan. Fungsi ini digunakan apabila karakter yang dimasukkan kurang dari atau sama dengan 9.
  • substr
        Fungsi substr digunakan untuk mengambil karakter yang kita inginkan dari sebuah String. Pada kasus ini digunakan apabila String yang kita masukkan jumlahnya lebih dari 9 karakter. Untuk penggunaan substr memiliki aturan sebagai berikut:

Contoh:


//$nama adalah String yang akan diambil sebagian karakternya
//angka 0 adalah angka dimana karakter mulai diambil
//angka 3 adalah banyaknya jumlah karakter yang diambil

//coba script di bawah ini
$nm_coba=substr($nama,2,4);

Apa hasilnya?

Selamat mencoba^^





No comments:

Post a Comment