Tuesday, October 3, 2017

Perancangan Aplikasi Pembayaran Les Privat Model Waterfall

Lagi bongkar-bongkar tugas kuliah jaman tempoe doeloe waktu semester 5 *perasaan baru 1 tahun yang lalu deh :3* dan akhirnya nemu nih laporan yang dulu buatnya lembur sks (sistem kerja semalam) haha.. Well, itu jaman dulu sih dan sekarang kadang masih gitu juga wkwk.. Biar nggak cuma jamuran di laptop dan paling hardcopynya udah bersawang di tempat dosen, mending di post disini ya, itung-itung bagi ilmu dan semoga jadi ilmu yang bermanfaat bagi semua umat dunia dan akhirat. Aamiin ya Allah.. Langsung aja lah yaa, cuss disimak...

1. Requirement

a. Latar Belakang

Proses pendidikan terkait erat dengan istilah belajar dan pembelajaran dimana keduanya tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya. Belajar mempunyai makna yang berbeda dengan pembelajaran. Belajar lebih ditekankan pada bahasan tentang peserta didik dan proses yang menyertai terjadinya perubahan tingkah laku, sedangkan pembelajaran lebih menekankan pada guru dalam upayanya untuk membuat peserta didik dapat belajar (Sugihartono dkk, 2007:73). Proses pendidikan ini tidak hanya bisa terjadi di sekolah, melainkan bisa di rumah, perpustakaan, maupun tempat bimbingan belajar atau les privat.
Sekarang ini tidak susah untuk menemukan tempat bimbingan belajar (bimbel) atau les privat, karena banyaknya bimbel tersebut tentunya menawarkan berbagai fasilitas. Namun tidak bisa dipungkiri masih banyak dari tempat bimbel tersebut yang belum memilik sistem pendataan yang baik. Seperti kurangnya data dari pengajar karena belum ada sebuah sistem pendataan yang baik. Selain itu sistem pembayaran masih manual yaitu menggunakan kuitansi atau justru tidak ada pencatatan dari pembayaran tersebut. Sehingga pengarsipan data pembayaran tersebut menjadi kurang akurat karena pendataan yang kurang jelas. Hal ini secara tidak langsung dapat mempengaruhi kemajuan dari bimbel tersebut karena sistem yang tidak jelas.

Melihat kompleksnya masalah tersebut maka dibutuhkan sistem informasi yang akan memudahkan dalam pengelolaan data yang diperlukan tempat bimbel atau les privat. Sistem informasi ini berisi tentang data pengajar atau tentor, data siswa, dan juga data pembayaran yang akan mempermudah membuatan laporan bulanan. Sehingga kedepannya akan terlihat apakah ada progress baik dari tempat bimbel atau les privat tersebut. 

b. Daftar Masalah

  1. Data Tentor tidak jelas, kurangnya informasi dari tentor seperti alamat, email untuk mengirim materi pembelajaran, serta jumlah tentor pengampu mapel. Misalnya jumlah tentor pengampu mapel matematika terlalu sedikit padahal siswa yang mengikuti banyak sehingga perlu ditambah.
  2. Data Pembayaran yang kurang akurat karena pengarsipan masih manual.


c. Rumusan Masalah

  1. Pada table data tentor ditambah field alamat rumah dan email.
  2. Pengarsipan data pembayaran dalam database secara lengkap yaitu no pembayaran, tanggal pembayaran, nama siswa, nama mapel yang diikuti, nama tentor yang mengajar dan total yang harus dibayar.
  3. Batasan masalah yang menjadi acuan dalam pengerjaan aplikasi Les Privat ini adalah permasalahan dibatasi pada pembuatan aplikasi pembayaran les privat, khususnya pada pengelolaan data transaksi pembayaran les. Dimana pada satu nomor pembayaran hanya dapat memuat satu mapel, tidak dapat memuat lebih dari satu mapel. Dan penyediaan fasilitas-fasilitas lainnya yang dapat mempermudah pengelolaan transaksi pembayaran dan mempermudah dalam pembuatan laporannya.
2. Desain

a. Flowchart


b. Diagram Context


c. DFD
      1) DFD Level 0

      2) DFD Level 1

      3) DFD Level 2


d. Relasi Tabel



e. Kamus Data
      1) Tabel Tentor

      2) Tabel Siswa

      3) Tabel Mapel

      4) Tabel Pembayaran

f. Perancangan Form
      1) Form Input
           a) Form Tentor

           b) Form Siswa

           c) Form Mata Pelajaran

      2) Form Proses
          a) Form Menu

          b) Form Login

          c) Form Menu Utama

          d) Form Pembayaran

      3) Form Output
          a) Form Data Tentor

          b) Form Data Siswa

          c) Form Data Mapel

          d) Form Jadwal Les

          e) Form Laporan Pembayaran

     

g. Spesifikasi Hardware
    1) Untuk Membuat Aplikasi:
        a) Processor: Intel Core i3, 2,20GHz
        b) RAM: 2GB
        c) HDD: 500GB
        d) LCD 14”
    2) Untuk Menjalankan Aplikasi:
        a) Processor: Intel Pentium Dual Core, 2,13GHz
        b) RAM: 2GB
        c) HDD: 500GB
        d) Monitor: LCD 14”

h. Spesifikasi Software
    1) Untuk Membuat Aplikasi:
        a) OS Windows 7
        b) Netbeans 8.0.1
        c) Xampp
    2) Untuk Menjalankan Aplikasi:
        a) OS Windows 7
        c) Xampp

i. Spesifikasi Brainware
   1) User menguasai cara penggunaan komputer.
   2) Mengetahui cara kerja database.
   3) Menguasai pengoperasian aplikasi Les Privat.

3. Implementasi

a. Form Input
    1) Form Tentor
        Untuk input data tentor pilih menu Form Tentor, akan muncul Form Input Tentor. Setelah itu klik tombol “Baru”, id tentor akan terisi secara otomatis dan tidak bisa diedit. Lalu masukkan data-data tentor lainnya seperti nama tentor, alamat, telepon, dan email. Jika sudah selesai klik tombol “Simpan”, maka data yang tadi dimasukkan kedalam database, dan akan ditampilkan dalam tabel data tentor. Sebaliknya jika ingin membatalkan inputan maka klik tombol “Batal”. Jika ingin mengedit data tentor yang sudah tersimpan, maka klik data dalam table yang ingin diedit terlebih dahulu. Data-data tersebut akan langsung terisi dalam textfield masing-masing dan dapat diubah isinya, jika sudah selesai mengedit maka klik tombol “Ubah”. Terakhir, jika ingin menghapus data tentor, cukup dengan mengklik data dalam table yang ingin dihapus lalu klik tombol “Hapus”.


    2) Form Siswa
        Untuk input data tentor pilih menu Form Tentor, akan muncul Form Input Tentor. Setelah itu klik tombol “Baru”, id tentor akan terisi secara otomatis dan tidak bisa diedit. Lalu masukkan data-data tentor lainnya seperti nama tentor, alamat, telepon, dan email. Jika sudah selesai klik tombol “Simpan”, maka data yang tadi dimasukkan kedalam database, dan akan ditampilkan dalam tabel data tentor. Sebaliknya jika ingin membatalkan inputan maka klik tombol “Batal”. Jika ingin mengedit data tentor yang sudah tersimpan, maka klik data dalam table yang ingin diedit terlebih dahulu. Data-data tersebut akan langsung terisi dalam textfield masing-masing dan dapat diubah isinya, jika sudah selesai mengedit maka klik tombol “Ubah”. Terakhir, jika ingin menghapus data tentor, cukup dengan mengklik data dalam table yang ingin dihapus lalu klik tombol “Hapus”.



    3) Form Mata Pelajaran
     Untuk input data mapel pilih menu Form Mata Pelajaran, akan muncul Form Input Mata Pelajaran. Setelah itu klik tombol “Baru”, lalu masukkan data-data mapel seperti id mapel, nama mapel, hari, waktu, dan biaya. Jika sudah selesai klik tombol “Simpan”, maka data yang tadi dimasukkan kedalam database, dan akan ditampilkan dalam tabel data mapel. Sebaliknya jika ingin membatalkan inputan maka klik tombol “Batal”. Jika ingin mengedit data mapel yang sudah tersimpan, maka klik data dalam table yang ingin diedit terlebih dahulu. Data-data tersebut akan langsung terisi dalam textfield masing-masing dan dapat diubah isinya, jika sudah selesai mengedit maka klik tombol “Ubah”. Terakhir, jika ingin menghapus data mapel, cukup dengan mengklik data dalam table yang ingin dihapus lalu klik tombol “Hapus”.


b. Form Proses
    1) Form Menu
          Form ini adalah form yang muncul pada saat aplikasi pertama dijalankan. Form menu ini hanya berisi menu Form Login yang digunakan untuk login, menu Form About untuk melihat profile pembuat aplikasi, dan terakhir menu Exit untuk menutup aplikasi.


    2) Form Login
          Form Login digunakan untuk login atau masuk kedalam aplikasi. Untuk menggunakannya, dari Form Menu pilih Menu > Login. Setelah Form Login muncul, masukkan username dan password lalu klik tombol “Login”. Jika username dan password benar, aplikasi akan memunculkan message “Login berhasil!” yang menandakan login berhasil dan akan muncul Form Menu Utama.


    3) Form Menu Utama
          Form Menu Utama adalah form yang muncul setelah proses login berhasil. Form ini memuat menu-menu untuk input data dan laporan output data.


    4) Form Pembayaran
     Untuk input data pembayaran pilih menu Form Pembayaran, akan muncul Form Input Pembayaran. Setelah itu klik tombol “Baru”, no pembayaran akan terisi secara otomatis dan tidak bisa diedit. Lalu isi tanggal pembayaran, setelah itu isi nama siswa yang membayar dengan cara mengklik tombol “Cari”. Saat mengklik tombol “Cari” akan muncul form baru yang memuat data-data siswa yang mengikuti les, pilih salah satu dari data siswa tersebut, maka data akan berpindah ke Form Pembayaran secara otomatis. Jika sudah selesai klik tombol “Simpan”, data yang tadi dimasukkan kedalam database dan akan ditampilkan dalam tabel data siswa. Sebaliknya jika ingin membatalkan inputan maka klik tombol “Batal”.


c. Form Output
    1) Form Data Tentor
          Form Data Tentor menampilkan kumpulan data tentor yang telah diinputkan pada Form Tentor. Form ini ditampilkan dengan mengklik menu Report > Data Tentor.


    2) Form Data Siswa
         Form Data Siswa menampilkan kumpulan data siswa yang telah diinputkan pada Form Tentor. Form ini ditampilkan dengan mengklik menu Report > Data Siswa.


    3) Form Data Mata Pelajaran
         Form Data Siswa menampilkan kumpulan data siswa yang telah diinputkan pada Form Tentor. Form ini ditampilkan dengan mengklik menu Report > Data Siswa.


    4) Form Jadwal Les
        Form Jadwal Pelajaran menampilkan jadwal les mata pelajaran. Form ini ditampilkan dengan mengklik menu Report > Jadwal Les.


    5) Form Laporan Pembayaran
           Form Laporan Pembayaran menampilkan kumpulan data mata pelajaran yang telah diinputkan pada Form Pembayaran. Form ini ditampilkan dengan mengklik menu Report > Data Pembayaran.



Itu aja gaes, semoga bermanfaat *aamiin.. Dan sorry ERD nya ga dipost sekalian karena lupa taruh desainnya dimana, ga ketemu-ketemu hehe.. See you di postingan selanjutnya  ^_^

No comments:

Post a Comment